بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِِ
 
Minggu, Juni 22, 2008
Mahasiswi (Akhwat) Pemulung
Assalamu'alaykum Rekans,

Sudah lama saya mencari artikel yang memuat profil ttg mahasiswi ini. Alhamdulillah, akhirnya Alloh mempermudah saya untuk mendapatkan artikel ini dari blog seseorang yang saya cari di google. Sebelumnya saya pernah melihat profilnya di DAAI TV, tapi hanya bbrp menit saja. Pada tanggal 13 Juni 2008 lalu mahasiswi ini diundang sebagai tamu pada acara yang diselenggarakan oleh Kerohanian Islam Trisakti Jakarta. Selamat membaca. Semoga bermanfaat.. ...dan tolong disebar ya!! Terima kasih.

Wassalamu'alaykum



Mahasiswi (Akhwat) Pemulung

Namanya Ming Ming Sari Nuryanti. Memakai gamis hijau, jilbab lebar dan tas ransel berwarna hitam, dia memasuki lobi Universitas Pamulang (UNPAM), Tangerang. Dia adalah mahasiswa semester 1 jurusan akuntansi. Usianya baru 17 tahun. Dan dia adalah salah satu mahasiswa terpandai di kelasnya.

Saat kelas usai, dia pergi ke perpus. "Ilmu sangat penting. Dengan Ilmu saya bisa memimpin diri saya. Dengan ilmu saya bisa memimpin keluarga. Dengan ilmu saya bisa memimpin bangsa. Dan dengan ilmu saya bisa memimpin dunia.." Itu asalan Ming Ming kenapa saat istirahat dia lebih senang ke perpustakaan daripada tempat lain. (keren ya…)

Sore hari setelah kuliah usai, Ming Ming menuju salah satu sudut kampus. Di sebuah ruangan kecil, dia bersama beberapa temannya mengadakan pengajian bersama. Ini adalah kegiatan rutin mereka, yang merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di UNPAM. Setelah itu, dia bergegas keluar dari komplek kampus.

Namun dia tidak naik kendaraan untuk pulang. Sambil berjalan, dia memungut dan mengumpulkan plastik bekas minuman yang dia temui di sepanjang jalan.. Dia berjalan kaki sehari kurang lebih 10 km. Selama berjalan itulah, dengan menggunakan karung plastik, dia memperoleh banyak plastik untuk dia bawa pulang.

Rumah Ming Ming jauh dari kampus. Dia tinggal bersama ibu dan 6 orang adiknya yang masih kecil-kecil. Mereka tinggal di sebuah rumah sederhana yang mereka pinjam dari saudara mereka di Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Biasanya setelah berjalan hampir 10 km, untuk sampai ke rumahnya Ming Ming menumpang truk. Sopir truk yang lewat, sudah kenal denganya, sehingga mereka selalu memberi tumpangan di bak belakang. Subhanallah, setelah truk berhenti dengan tangkas dia naik ke bak belakang lewat sisi samping yang tinggi itu.. (can you imagine it ?)

Ming Ming sekeluarga adalah pemulung. Dia, ibu dan adik-adiknya mengumpulkan plastik, dibersihkan kemudian dijual lagi. Dari memulung sampah inilah mereka hidup dan Ming Ming kuliah.

Ini adalah cerita nyata yang aku saksikan dalam tayangan berita MATAHATI di DAAI TV sore kemarin (26/5/2008). Sungguh episode yang membuat bulu kuduku merinding dan mataku berkaca-kaca. Ini beberapa ekspresiku : (kalo ada yang aneh, sensor aja ya hehehehe..)

1. Astaghfirullah. Gimana bisa aku masih sering mengeluh hanya karena tabungan ga nambah-nambah? Bodoh.
2. Gila…(sensor) . Bagaimana dia bisa berjalan 10 km perhari? Aku aja jalan 20 menit ke kantor tiap pagi dan sore sudah merasa capek banget. Lemah.
3. Subhanallah. Semangatnya itu loh. Kalau dengar dia berkata-kata, sepertinya tidak ada rasa minder, malu, bahkan dia sangat yakin. Oh girl, you so great. Wonderfull.

———— ——— ——— ——— ——— —-
astaghfirullah. …makanya, suka malu kalo banyak ngeluh….padahal, yang saya keluhkan hal hal yang gak penting….. .
ah, semangat…. ..

sumber: pks-bandung@yahoogroups.com
Pengirim:

Label:

posted by Ketupat Favorit @ 13.49  
6 Comments:
  • At 5 Juli 2008 pukul 14.51, Anonymous Anonim said…

    Subhanallah.. sebuah cerita yang menggugah semangat. Diantara sekian banyak yang memilih tidak sekolah dari pada sengsara, ternyata masih ada yang begitu gigih berjuang demi cita-cita. Smg Allah SWT, mengupah perjuangan Ming Ming Sari Nuryanti, dgn pahala yang memuaskan..

     
  • At 7 Juli 2008 pukul 10.33, Blogger Unknown said…

    Alhamdulillah,
    Allah Maha Pengatur banyak pelajaran yang kita dapatkan dari perjalanan hidup Ming Ming. saya juga jadi teringat tokoh Ikal, atau Lintang dalam Laskar Pelangi, bagaimana kita mengejar cita-cita. dan ada
    lagi satu Novel yang baru khatam saya baca yang menceritakan tentang potret anak Indonesia "Menggapai Matahari" Karya Adnan Katino. seorang anak Hutan yang bisa jadi Sarjana ^_^ Hidup Ini adalah Perjuangan
    Syukron

     
  • At 10 Juli 2008 pukul 12.54, Anonymous Anonim said…

    Tentu saja dengan kata Subhanallah,
    dengan kekuatan iman semua bisa jadi apa saja....

    Maha suci ALlah....

    jadi malu sendiri, perjuangan tini yang ga seberapa sudah di sombongkan ke tengah dunia, Astaqhfirullahaladzim...

     
  • At 13 Juli 2008 pukul 13.23, Anonymous Anonim said…

    Subhanallah...
    Setiap perjuangan yagn ikhlas pasti mendapat pertolongan Allah...
    Satu lagi karya anak bangsa yang layak kita baca... MENGGAPAI MATAHARI karya Adnan Katino.
    Cerita tentang perjuangan anak rimba meraih gelar sarjana.
    Buku itu akan menginspirasi kita semua untuk terus berjuang demi hidup yang labih baik...
    LUAR BIASA

     
  • At 17 Agustus 2008 pukul 13.29, Anonymous Anonim said…

    tiba-tiba saja mata saya tertuju dengan tayangan "Mata Kamera" yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi....tayangan yg berdurasi sangat singkat yang menampilkan sosok mahasiswi akhwat (Ming Ming Sari Nuryanti) yang rela menjadi pengumpul botol minuman mineral, hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan kuliah dan kehidupannya tsb membuat saya benar-benar salut dan malu. Karena tidak sedikit diantara kita yg masih terlena, bersantai-santai saja dengan segala fasilitas, dan kemudahan yang kita miliki....Subhanallah semoga menjadi pelajaran bagi kita semua. tenyata fasilitas yang lengkap dan kemudahan ternyata bukan satu-satunya penentu dalam meraih kesuksesan, ternyata keterbatasan bukan berarti menghalangi kita untuk menjadi sukses ....

     
  • At 3 Oktober 2010 pukul 14.23, Anonymous Anonim said…

    Subhanalloh, sungguh gadis yang tangguh! Semoga menginspirasi bagi kita. Terlebih bagi para mahasiswa yang berleha-leha dan tidak bersungguh2 dalam menyelesaikan studinya.

     
Posting Komentar
<< Home
 
Blog ini di buat dengan modal nekat dan coba - coba.Oleh karena itu, hampir seluruh postingan di dalamnya adalah hasil kopi paste dari blog atau situs lain D~
Tentang Kami

Name: Ketupat Favorit
Home: duo pulo, Indonesia Bagian Barat, Indonesia
About Me:
Lihat profil kami
Previous Post
Pesan anda Disini

Daftar Menu


Archives
Banner Anda

Melangkah dengan pasti adalah bekal utama untuk mencapai kesuksesan dalam hidup..

Other things
Jadikan hidup ini indah seindah bunga metahari yang selalu sedap dipandang mata
Links
Di dukung oleh : LW@Lampung


Status YM



Nasyid

Kalender

Free Blog Content

 

+ + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + +
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia | Internet Service Provider(LintasWave.NET Lampung)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِِ FORMAT 1 (Indonesia) :
FORMAT 2 (English) :
FORMAT 3 (Indonesia + hari pasar) :
FORMAT 4 (Jawa) :
FORMAT 5 (Arab/Hijriah) :
FORMAT 6 (Indonesia/Hijriah) :
FORMAT 7 (English + Jawa :P) :